Cara Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyapih yang Aman

Setelah anak berusia 24 bulan, biasanya ibu sudah mulai tidak memberikan ASI lagi. Namun kadang kala karena suatu alasan dan kondisi tertentu, ibu terpaksa menyapih anak sebelum berusia 2 tahun. Masalahnya adalah biasanya payudara akan mengalami pembengkakan ketika kegiatan pemberian ASI dihentikan. Karenanya, cara mengatasi bengkak payudara saat menyapih perlu diketahui.

Cara Mengatasi Pembengkakan Payudara Saat Menyapih

Payudara yang terasa nyeri ketika tiba waktu menyapih si kecil memang terkadang dirasakan oleh sebagian ibu hamil. Biasanya hal ini terjadi akibat proses menyapih dilakukan secara mendadak sehingga terjadi penyumbatan saluran ASI. Jika menghadapi masalah ini, Anda bisa mencoba cara berikut.

  1. Pijat Payudara

Lakukan pemijatan pada area payudara agar rasa nyeri dan bengkaknya bisa berkurang. Pijat payudara dengan lembut dan perlahan. Lakukan secara rutin setiap kali Anda merasa payudara terasa mulai bengkak dan membesar.

  1. Kompres Daun Kubis Dingin

Anda bisa menggunakan daun kubis yang telah dimasukkan ke dalam kulkas sehingga suhunya dingin. Kemudian, gunakan daun kubis tersebut untuk mendinginkan dan mengompres area payudara. Caranya adalah dengan memasukkannya ke dalam bra dan diamkan beberapa saat. Ganti daun kubis setelah beberapa jam.

  1. Pompa ASI

Memompa ASI juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi pembengkakan payudara ketika mulai menyapih. Pompalah air susu secara rutin agar pembengkakan pada payudara bisa berkurang dan rasa nyeri hilang.

Similar Posts