Keuntungan dan Jenis Mesin Penetas Telur Ayam

Penasaran dengan mesin penetas telur? Tentu anda tidak asing dengan mesin satu ini.. Kini anda bisa mendapatkan penjelasannya di bawah ini. Mesin penetas telur adalah sebuah mesin yang berfungsi layaknya induk ayam ketika mengerami telur. Keberadaan dari mesin penetas telur ini sangat membantu bagi para peternak dalam mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai keuntungan dan jenis mesin penetas telur.

Keuntungan menggunakan mesin penetas telur ini adalah bisa menghasilkan proses penetasan lebih maksimal. Selain itu kualitas telur yang dihasilkan menjadi lebih banyak. Jika biasanya masa pengeraman cukup lama, maka dengan menggunakan mesin penetas telur ini maka proses pengeraman akan ditiadakan. Sehingga induk ayam bisa memproduksi telur lebih banyak selama masa hidupnya. Kapan saja bisa melakukan proses penetasan tanpa melihat cuaca.

Mesin penetas telur ini juga dibedakan menjadi 3 macam. Mulai dari mesin penetas telur ayam manual, semi otomatis, dan otomatis. Ketiga mesin ini mempunyai cara kerja yang sama namun dengan keunggulannya masing – masing. Tentunya mesin yang paling unggul adalah mesin penetas otomatis. Mesin penetas tradisional ini hanya mampu menetaskan telur skala kecil atau rumah tangga saja. Proses penetasan juga masih manual, sehingga pada waktu pembalikan telur masih menggunakan tangan. Mesin penetas semi otomatis bisa menampung jumlah telur yang lebih banyak. Proses pembalikan telur juga dibantu dengan adanya tuas di luar mesin. Lalu untuk jenis mesin penetas otomatis semua serta digital. Mulai dari pengaturan suhu, kelembaban, dan juga pembalikan telur dilakukan dengan otomatis.

Itulah keuntungan menggunakan mesin penetas telur dalam proses pengeraman. Anda bisa mendapatkan hasil peternakan menjadi besar dari sebelumnya. Pilih jenis mesin penetas telur sesuai dengan kebutuhan anda. Tentunya jika anda ingin membuat skala yang lebih besar maka bisa menggunakan jenis mesin otomatis sehingga lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Mesin penetas telur kini menjadi mesin yang banyak dimanfaatkan para peternak ayam atau unggas lainnya.

Similar Posts