Kenali Ciri-Ciri Dan Habitat Harimau Kaspia

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengenal tentang Harimau kaspia. Harimau ini merupakan salah satu spesies kucing besar yang sudah punah. Harimau ini memiliki habitat di Turkistan dan disinyalir punah ketika Rusia menjajah daerah tersebut, dan merusak habitat dari harimau yang satu ini. Meskipun beberapa ilmuwan masih berharap harimau ini masih hidup, namun belum ada kepastian hingga saat ini.

Harimau ini hidup di masa peperangan, dan bukan diburu karena mengganggu. Harimau ini justru diburu karena digunakan sebagai latihan militer atau olahraga kala itu. Sangat disayangkan, karena hal ini juga menimpa habitatnya yang ada di Mongolia, Tiongkok, Itak, dan beberapa daerah di Asia. Selain itu, habitat harimau juga akhirnya dijadikan sebagai lahan bercocok tanam.

Meskipun telah mengalami kepunahan, namun tidak ada salahnya Anda mengetahui beberapa ciri-ciri dari harimau yang mungkin belum Anda ketahui.

  • Meskipun harimau terlihat seperti kucing yang notabene takut dengan air, namun berbeda dengan harimau. Harimau merupakan perenang yang handal bahkan dapat berendam di air dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda tentu pernah mendengar auman singa bukan? ternyata harimau juga memiliki auman yang sangat keras hingga 3km jauhnya.
  • Sebenarnya sama seperti Harimau Kaspia, harimau lain juga merupakan peburu yang baik dan dapat dengan sabar menanti buruannya hingga tertangkap.
  • Harimau yang terluka ternyata dapat mengobati lukanya dengan air liurnya karena air liur ini memiliki antiseptik alami.
  • Harimau merupakan satwa yang akan jarang makan, karena dalam sekali makan harimau mampu melahap 40kg daging.
  • Harimau memiliki 6 kali penglihatan lebih baik dibandingkan penglihatan manusia pada umumnya. Hal inilah yang membuatnya mampu dengan mudah melihat mangsa dari kejauhan.

Harimau Kaspia sendiri memiliki nama latin Caspia Tiger atau Harimau Persia. Harimau ini memiliki warna kuning kunyit, hitam, dan putih dengan bentuk badan yang lebih besar dibandingkan Harimau Sumatera. Terakhir, harimau ini ada di kebun binatang Berlin di tahun 1899 dan akhirnya punah sekitar tahun 1950 karena perburuan yang dilakukan saat peperangan.

 

Similar Posts