Cara Membuat Bubur Tepung Beras Agar Tidak Menggumpal

Bagi orang yang sudah berpengalaman dalam pembuatan bubur sumsum dari tepung beras memang dianggap sangatlah mudah dalam proses pembuatannya. Namun sayangnya, ada beberapa orang yang mengalami kegagalan. Misalnya saja bubur bubur sumsum menggumpal. Jika kondisinya seperti ini pastinya bubur tidak akan terasa enak, karena ada beberapa bagian dari tepung beras ada yang tidak tercampur.

Tidak hanya itu saja, tampilannya pun juga tidak menggiurkan dan tidak cantik. Pada dasarnya cara membuat bubur sumsum agar tidak menggumpal, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Sebenarnya bubur tepung beras yang menggumpal dikarenakan adanya pengadukan yang tidak benar. Semakin lama dimasak, maka bubur akan semakin mengental.

Hal tersebutlah yang mengharuskan Anda harus melakukan pengadukan betul-betul, tidak boleh berhenti. Dalam proses pengadukan yang lambat justru menjadikan bubur cepat menggumpal dan gosong. Selain itu juga disebabkan karena bubur kurang cairan. Cairan untuk bubur sumsum pada biasanya berupa santan encer.

Cara Mengatasi Bubur yang Menggumpal

Pixabay.com

 

Apabila Anda sudah memasak bubur tepung beras, namun sudah terlanjur menggumpal, maka jangan khawatir dan tidak perlu panik, karena Anda dapat mengatasinya melalui beberapa cara berikut ini: pertama gunakan blender yang ada di rumah.

  • Masukkan bumbu bubur sumsum dalam blender.
  • Setelah itu tambahkan sedikit air panas.
  • Silahkan blender hingga bubur mempunyai tekstur yang halus.
  • Air yang digunakan adalah air yang panas atau hangat supaya lebih cepat mengatasi gumpalan tersebut.
  • Apabila sudah halus, maka bubur harus dimasak kembali dengan tujuan supaya bisa mematangkan tepung beras yang menggumpal.
  • Silahkan masak menggunakan api yang kecil dan jangan lupa untuk diaduk terus dan cepat.

Cara Membuat Bubur Tepung Beras Agar Tidak Menggumpal

Pixabay.com

Cara membuat bubur sumsum agar tidak menggumpal, persiapkan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan bubur tepung beras. Bahan-bahannya memang tidaklah sulit untuk diperoleh, hanya saja Anda harus mengetahui cara membuat bubur tepung beras yang baik dan benar. Masalah yang seringkali terjadi pada proses pembuatan bubur tepung beras yaitu karena bubur menggumpal.

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan supaya bubur sumsum yang Anda buat tidak menggumpal, di antaranya:

  1. Bahan Harus dicampur Merata
  • Dalam pembuatan bubur sumsum, Anda harus mencampurkan beberapa bahan secara merata. Untuk pembuatan 125 gram tepung beras, maka Anda diharuskan menggunakan 400 ml santan kelapa, 50 ml air, sdt garam, 2 helai daun pandan.
  • Setelah itu persiapkan panci.
  • Tuangkan air, tepung beras, santan, garam dan juga daun pandan.
  • Silahkan campur kemudian aduk seluruh bahan hingga tercampur merata.
  • Anda harus sabar mengadu agar bahan-bahan tercampur merata. Hal inilah yang akan menghasilkan bubur sumsum tidak menggumpal
  1. Masak Menggunakan Api Sedang

Apabila langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan, maka cara membuat bubur sumsum agar tidak menggumpal yaitu dengan memasak menggunakan api sedang.

  • Letakkan panci di atas kompor.
  • Silahkan memasak menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga bubur mengental.
  • Anda disarankan untuk menggunakan panci khusus yaitu panci anti lengket supaya adonan tidak menempel pada panci.
  • Apabila bubur sumsum sudah matang maka bisa langsung Anda siram menggunakan kuah gula.
  1. Gunakan Santan yang Sesuai

Selain memperhatikan dari segi ukuran, perbandingan antara tepung beras dengan santan juga wajib sesuai. Andapun juga disarankan untuk menggunakan santan dari kelapa parut yang masih segar, karena mempunyai kekentalan yang sedang. 1 butir kelapa peras mampu menghasilkan 500 ml santan, sehingga akan menjadikan tekstur bubur menjadi lebih mengkilap dengan rasa yang segar dan gurih.

Sementara untuk santan kemasan biasanya akan menggunakan pengental dan pewangi. Sehingga akan menjadikan tekstur bubur menjadi lebih pekat. Selain memperhatikan santan, Andapun juga dapat menambahkan sedikit garam supaya memberikan rasa yang enak dan lebih gurih.

  1. Gunakan Pewangi Alami

Salah satu pewangi alami yang dapat Anda gunakan, terutama dalam proses pembuatan bubur tepung beras atau bubur organik yaitu menggunakan daun pandan yang masih segar. Selain itu Anda juga disarankan untuk menambahkan panili supaya aroma bubur benar-benar menggoda. Sebelumnya Anda dapat merebus pandan terlebih dahulu bersama dengan bubur dan santan.

Supaya aroma wangi dari pandan tersebut meresap, biarkan daun pandan berada dalam adonan sampai bubur matang. Selain mencegah bubur mengental, cara ini pun juga akan memberikan aroma yang harum.

Bubur tepung beras memang banyak yang menyukai karena teksturnya yang lembut, aromanya yang harum serta rasanya yang manis dan gurih. Pada biasanya bubur tepung beras atau bubur sumsum dimasak ketika mengadakan acara tertentu, seperti syukuran, membangun rumah, upacara pernikahan, atau yang lainnya.

Dinamakan sebagai bubur sumsum karena mempunyai tekstur yang lembut, rasanya yang gurih menyerupai sumsum sapi. Jika dilihat dari segi nutrisinya, bubur sumsum mampu memberikan asupan karbohidrat karena bahan utamanya dari tepung beras serta gula. Melalui kandungan tersebut maka dapat memberikan asupan energi apabila dikonsumsi.

Selain itu bubur sumsum juga dipercaya dapat memulihkan tenaga, terutama setelah bekerja keras atau ketika puasa. Agar hasilnya rembul lembut, gurih, harum dan terhindar dari gumpalan, maka proses pembuatannya harus diperhatikan dengan baik. Kualitas tepung beras yang paling bagus yaitu tepung beras yang ditumbuk sendiri. Namun jika Anda ingin cara yang lebih praktis dan simpel, tidak ada masalah jika menggunakan tepung beras berupa kemasan.