7 Contoh Peluang Bisnis Yang Menguntungkan Di Desa

Pada umumnya masyarakat desa adalah tipe masyarakat yang menggantungkan hidup dengan memanfaatkan berbagai hasil alam. Biasanya orang-orang desa memiliki lahan pekarangan yang luas, sehingga dimanfaatkan untuk bertani atau berkebun. Namun, juga tidak semua masyarakat di desa memiliki lahan yang bisa digunakan untuk bercocok tanam, sehingga mereka lebih memilih untuk berwirausaha. Dengan membuka usaha diharapakan dapat menjadi peluang bisnis yang mengutungkan di desa dan dapat menjadi sumber penghasilan harian.

Apa saja peluang bisnis di desa yang menguntungkan?

Pixabay.com

Tak berbeda jauh dengan di kota, pada dasarnya di desa juga memiliki peluang usaha yang cukup menjanjikan. Lingkungan yang masih asri dan ketersediaan lahan yang luas membuat desa sangat berpotensi untuk mengembangkan suatu usaha. Dalam hal ini, memilih peluang bisnis yang menguntungkan dan cocok untuk ditekuni menjadi kunci dari kesuksesan sebuah bisnis yang nantinya akan anda jalani.

Ide usaha rumahan yang menguntungkan di desa

  1. Ternak ayam kampung

Salah satu komoditas peternakan di desa yang prospek penjualannya cukup baik adalah ayam kampung. Selain tidak membutuhkan jumlah modal yang terlalu besar, cara beternak ayam kampung juga lebih mudah dibandingkan beternak sapi, kembing atau kerbau. Dengan menekuni usaha ini anda akan mendapatkan dua jenis hasil sekaligus, yakni telur dan daging. Anda dapat menjual telur-telur ayam kampung di warung terdekat atau pasar. Sedangkan untuk dagingnya, anda dapat menyetorkannya langsung ke warung-warung makan atau restoran.

  1. Pom mini

Jenis usaha yang akhir-akhir ini ramai digeluti banyak orang adalah pom mini atau pom bensin mini. Karena umumnya di desa jaraknya cukup jauh untuk menjangkau SPBU atau stasiun pengisian bahan bakar, maka hal ini dimanfaatkan menjadi sebuah peluang usaha. Biasanya pom mini mini ini adalah usaha waralaba, sehingga untuk bisa berjualan anda harus menghubungi pemiliknya terlebih dahulu. Untuk bisa menjalankan bisnis ini anda cukup menyetorkan sejumlah uang untuk membeli satu paket alat lengkap. Di samping usaha pom mini, anda juga dapat membuka bengkel jika memiliki kemampuan otomotif.

  1. Warung makan

Contoh usaha di desa yang cukup menguntungkan selanjutnya adalah warung makan. Semua orang tentu membutuhkan asupan makanan, namun semua orang tak selalu mempunyai waktu luang untuk memasak. Kehadiran warung makan ini tentu dapt menjadi sebuah penolong. Anda dapat menjual berbagai macam makanan seperti menu sayur-mayur dan lauk-pauk.

  1. Toko sembako

Tak peduli apakah itu di desa atau di kota, kebutuhan masyarakat akan bahan makanan pokok selalu tinggi. Namun biasanya untuk dapat berbelanja kebutuhan pokok yang lengkap, masyarakat di desa harus menempuh jarak yang cukup jauh. Hal ini tentu dapat anda manfaatkan sebagi peluang bisnis, yakni dengan membuka toko sembako di desa. Sehingga masyarakat di desa tak perlu menempuh perjalanan yang jauh dan akan merasa terbantu. Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang besar karena minat beli masyarakat yang tinggi.

  1. Peternakan lele

Biasanya masyarakat  di desa memiliki tanah pekarangan yang cukup luas. Nah tanah kosong tersebut dapat anda manfaatkan untuk usaha peternakan ikan lele. Disamping tidak memerlukan modal yang terlalu besar, lele merupakan salah satu jenis ikan tawar yang cukup mudah untuk dibudidaya. Beternak ikan lele sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni pembibitan dan pembesaran. Jika anda memilih beternak pembibitan maka hasilnya anakan lele yang siap dibesarkan. Sedangkan jika beternak pembesaran, maka anda perlu membeli bibit ikan lele dari peternak lain.

  1. Penjahit

Jasa penjahit memang selalu dibutuhkan di desa maupun di kota. Baik itu jasa jahit untuk pembuatan baju ataupun jasa jahit permak baju. Umumnya bisnis jahit akan ramai jika mendekati hari raya dan tahun ajaran baru. Namun di hari-hari biasa pun juga akan tetap laku meskipun tidak seramai pada hari-hari tersebut. Untuk menambah penghasilan di hari-hari biasa anda juga dapat membuka jasa permak. Jika anda belum bisa menjahit, maka anda dapat mengikuti kursus jahit gratis yang diadakan oleh lembaga pelatihan kerja. Anda tak perlu mengeluarkan banyak modal karena hanya perlu membeli mesin dan juga peralatan lainnya.

  1. Konter pulsa

Pixabay.com

Membuka konter pulsa adalah peluang usaha yang memiliki prospek cukup cerah. Mengingat kebutuhan pulsa dan internet dari masyarakat tidak pernah surut seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone. Oleh karena itu, sebaiknya anda  tidak melewatkan kesempatan emas ini. Untuk memulai usaha ini anda juga tidak perlu menyiapkan modal yang banyak, cukup dengan uang 1 jutaan, anda sudah dapat membeli etalasi, deposit pulsa, kartu perdana dan voucher internet. Selain pulsa anda juga dapat menambah beberapa layanan seperti token listrik, pembayaran bulanan, voucher game online dan lainnya.

Nah beberapa ide usaha tersebut dapat anda jadikan referensi untuk memulai peluang bisnis yang menguntungkan di desa. Selain itu apa pun jenis usaha yang nantinya akan anda pilih. Sebaiknya buatlah perencanaan secara matang serta perhitungkan segala resiko yang mungkin saja bisa terjadi.