Pengertian dan Macam – Macam Sholawat Nabi

Ada beragam cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah menjalankan berbagai ibadah yang disunnahkan untuk menambah amal ibadah seseorang. Ada banyak amalan ibadah sunnah yang bisa dilakukan umat muslim untuk lebih dekat kepada-Nya. Bentuk amalan sunnah yang bisa dikerjakan oleh umat manusia adalah bershalawat.

Sebagai seorang muslim tentu tidak asing dengan kegiatan bershalawat tersebut. Bershalawat memiliki manfaat besar untuk para pembacanya. Sholawat sendiri merupakan sebiah doa serta pujian untuk beribadah kepada Allah SWT. Pujian ini dibedakan menjadi tiga pujian dari Allah, malaikat, dan manusia. Bershalawat menjadi hal penting untuk mendapatkan keberkahan dari Allah untuk menjalankan kehidupan sehari – hari.

Macam – Macam Shalawat Nabi

Mengenal macam – macam doa nabi ini sangat penting. Setidaknya ada 6 bacaan doa nabi yang bisa dipanjatkan. 6 doa tersebut terbagi menjadi faith, matsurah, nariyah, mukafaah, nur al-anwar, dan juga ibrahimiyah. Setiap macam doa nabi memiliki bacaannya tersendiri. Mengenal bacaan – bacaan tersebut akan memudahkan anda untuk bershalawat.

Melalui 6 bacaan untuk bershalawat tersebut anda bisa membacanya setiap hari. Orang yang sering bershalawat dan orang yang tidak pernah bershalawat tentu akan merasakan hal yang berbeda. Bershalawat memiliki tujuan tertentu sehingga baik diamalkan setiap hari. Apa saja keutamaan atau fadhilah yang didapat dengan cara bershalawat? Inilah penjelasannya

Pentingnya Bershalawat Nabi

Bershalawat sangat penting karena merupakan doa nabi. Doa nabi tidak akan ditolak Allah dan sudah dijelaskan dalam sebuah hadist. Sangat penting bagi umat muslim untuk melakukan penghormatan. Dalil mengenai bershalawat ini dijelaskan dalam surat An Nisa ayat 86. Ada beberapa keutamaan dalam bershalawat yang penting diketahui semua orang.

Keutamaan pertama adalah bisa dijadikan cara memenuhi perintah Allah SWT. Keutamaan yang ke dua adalah mampu dijadikan sebagai cara meningkatkan drajat, dan menghapuskan dosa – dosa. Keutamaan ke tiga adalah permohonan untuk dikabulkannya segala doanya. Keutamaan ke empat adalah sebagai cara penghibur diri. Ketika diri sedang dirundung rasa sedih jalan termudah untuk memenangkan diri adalah dengan cara bershalawat.

Bershalawat memang tidak diwajibkan untuk dilakukan. Namun bershalawat sangat dianjurkan dan termasuk bagian dari hak umat untuk membalas kebaikan yang telah diperoleh dari-Nya. Seseorang yang selalu bershalawat akan merasa lebih tenang dimana doa – doanya akan terkabul lebih mudah. Menjalani kehidupan sehari – hari akan lebih bersemangat ketika diiringi dengan bershalawat nabi setiap saat. Doa – doa nabi menjadi jalan terbaik untuk mendapatkan pancerahan cahaya dan keberkahan. Manfaatkan 6 bacaan doa nabi yang sudah disebutkan di atas untuk menjadi cara bershalawat anda dan pelajari tata cara bershalawat.