Manfaat Madu Untuk Bibir Bayi

 

Madu merupakan cairanĀ  berwarna coklat yang dihasilkan oleh lebah madu dan rasanya manis. Madu sudah banyak digunakan sejak dahulu untuk berbagai kebutuhan. Rasanya yang manis dimanfaatkan sebagai campuran berbagai makanan dan kue. Kandungan antioksidan pada madu membuat madu sebagai cairan yang dikonsumsi sebagai obat karena mampu menangkal radikal bebas dan mencegah datangnya berbagai penyakit pada tubuh. Namun tahukah Anda jika madu juga dapat dimanfaaatkan sebagai salah satu bahan untuk kecantikan?.

Madu dapat berfungsi sebagai bahan alami yang efektif untuk menyehatkan bibir, baik orang dewasa maupun bayi. Khususnya bayi, seringkali Anda menjumpai kondisi bibir bayi pecah-pecah dan kering karena kurang dibersihkan pada saat setelah meminum ASI. Jika dibiarkan terlalu lama, bibir bayi akan mengering dan pecah-pecah. Satu tetes madu mampu mencegah bibir kering dan pecah-pecah pada bayi.

Cara Mengoleskan Madu di Bibir Bayi

Kandungan fruktosa alami yang sangat tinggi pada madu alami sebenarnya tidak begitu dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan [ada bayi di bawah 6 bulan. Hal ini dikarenakan pada usia ini bayi belum boleh mendapat asupan makanan lain selain ASI, karena sistem pencernaannya yang belum siap. Dihkawatirkan bayi dapat mengalami diare atau gangguan pencernaan lainnya.

Oleh karena itu, anjuran konsumsi madu pada bayi sebaiknya diberikan pada saat bayi sudah mengonsumsi MPASI atau sekitar usia 6 bulan ke atas. Diantaranya banyaknya menu campuran madu pada makanan dan minuman bayi, madu memiliki manfaat lain bagi kesehatan bibir bayi, yaitu mencegah bibir kering dan pecah-pecah, serta mampu membantu memerahkan bibir bayi.

Namun jika bayi Anda mengalami masalah bibir kering dan pecah pada usia di bawah 6 bulan, Anda boleh mengolesi madu sedikit. Caranya cukup dengan mengoleskan sedikit sekali madu alami pada bibir bayi ketika hendak tidur agar madu tidak tertelan oleh bayi. Oleskan secara merata di bibir bayi dan diamkan ketika bayi sedang tertidur. Perhatikan ketika memberi olesan madu pada bibir bayi, segara hapus olesan madu menggunakan tisu lembut saat bayi terbangun.