Ini Penjelasan Lengkap Posisi Pemain Sepakbola

Sepakbola memiliki 4 posisi pemain yaitu kiper, pertengahan, tengah, dan depan. Keempat sektor tersebut masing-masing mempunyai kekuatan dan peranannya sendiri agar bisa menjadikan tim yang terbaik.

Untuk lebih jelasnya peranan dari keempat posisi pemain tersebut di ukuran lapangan sepak bola yang luas, di bawah ini akan kami berikan ulasannya.

Kiper / Penjaga gawang

Posisi kiper letaknya di bawah mistar gawang. Ia bertugas untuk menjaga gawang agar tidak dimasuki bola oleh lawannya. Selama berada di kotak penalti maka kiper diperbolehkan menjaga gawang dengan menggunakan seluruh bagian tubuhnya.

Kiper harus mempunyai tendangan yang bagus, selain itu juga harus mempunyai fisik yang tinggi agar bisa menghalau bola atas. Di sektor ini hanya mempunyai satu posisi, kiper dengan role nya.

Kiper

Berfokus untuk meminimalisir resiko dalam penggunaan bola, dengan kiper yang mengawasi bola agar bisa jauh dari gawang dan mengopernya ke pemain bebas. Apabila tidak ada pemain yang bebas, maka kiper akan memainkannya ke depan dengan aman.

Sweeper keeper

Mempunyai dua peran yaitu menjadi kiper standar serta menyapu bola didepan serta area lebar yang berada di sektor kotak penalti. Disamping itu juga menginisiasi serangan balik.

Pertahanan

Tugasnya yaitu mempertahankan bola agar tetap berada di luar kotak penalti, selain itu juga mencegah tim lawan untuk melancarkan serangan balik. Tempat dari pemain pertahanan yaitu berada di depan keeper.

Sweeper

Sweeper mempunyai tanggung jawab yang hampir sama dengan kiper yaitu untuk menjaga pertahanan. Posisi seperti ini biasanya dipakai jika menghadapi tim sepakbola yang lebih kuat.

Bek / Libero

Bek/libero mempunyai fungsi sebagai pertahanan apabila bola lolos ke kotak penalti. Tempat bek/libero yaitu berada di depan kiper. Bek terdiri dari :

  •         Bek tengah
  •         Pengolah bola
  •         Bek terbatas

 

Bek Sayap

Tugasnya yaitu untuk mengawal aliran bola serta mengawal pertahanan.

Posisi sayap ini sangat penting untuk mencegah umpan ke tengah dan melakukan intersep. Macam role bek sayap :

  •         Bek penuh
  •         Bek sayap

Gelandang Bertahan

Apabila pemain sebagai gelandang bertahan maka diharuskan multitasking. Artinya bisa menjadi distributor bola maupun sebagai pertahanan. Oleh karena itu pemain gelandang bertahan harus mempunyai fisik yang tangguh dan skill yang bagus.

Bertahan sayap

Pemain ini berperan untuk mengawal pertahanan serta menginisiasi penyerangan. Biasanya bek sayap ini akan bermain melebar tanpa dukungan dari pemain sayap lain. Oleh karena itu bek sayap harus defensif dan menyerang.

Sektor Tengah

Tugasnya yaitu mengolah bola, selain itu juga mendistribusikan bola ke barisan penyerangan. Pemain gelandang di sektor ini haruslah mempunyai stamina yang kuat dan semangat yang besar.

Gelandang tengah

Pemain gelandang tengah harus bisa berkomunikasi dengan dua sektor yang baik. Gelandang ini juga harus mahir menggiring bola ke penyerang agar terjadi gol.

Gelandang sayap

Pemain ini bertugas untuk mengatur serangan serta mengawal gelandang tengah. Hal ini dikarenakan jika permainan menjadi menyerang maka mereka harus bersiap mendapatkan operan. Selain itu ada juga yang memaksimalkan pertahanan.

Sayap

Posisi pemain sayap ini biasanya dilakukan oleh tim penyerang. Pemain ini biasanya berada di barisan serangan yang mengawal serta yang mengumpan para penyerang. Bahkan tak jarang pula pemain ini mencetak gol ke dalam gawang lawan.

Gelandang serang

Pemain gelandang serang atau yang terkenal dengan sebutan second striker ini membebaskan untuk mencetak gol. Contoh pemain gelandang serang yang terkenal yaitu Lionel Messi.

Sektor penyerangan

Di posisi ini kita akan menemukan pemain-pemain yang bagus. Karena biasanya pemain sepakbola yang terkenal berada pada posisi ini.

Penyerang

Pemain yang berada di posisi penyerang akan mengontrol penuh serangan. Antara lain ada pemain yang menunggu operan, ada yang menyerang, ada juga yang menunggu di depan gawang  dan lain-lain.

Penyerang Sayap

Untuk penyerang sayap saat ini jarang digunakan. Kecuali untuk tim yang sudah sangat kuat. Biasanya formasi yang digunakan yaitu 4-2-4. Pada penyerang sayap, akan melakukan serangan ke gawang lawan secara terus menerus.

Peran Penyerang Sayap

Peran penyerang sayap ini terbagi menjadi :

Inside forward

Pemain ini bertugas untuk memotong jalan lawan dari sisi lapangan kemudian berlari tepat dan selanjutnya mengarah ke pertahanan lawan.

Deep lying forward

Fungsi utamanya yaitu menghubungkan barisan tengah dan barisan depan. Pemain di posisi ini akan menggiring bola ke ruang bebas serta mempertahankannya sebelum bola tersebut dioper kepada teman yang satu tim.

Advanced forward

Pemain ini akan memimpin barisan penyerang serta mempelopori gerakan menyerang.

Complete forward

Pemain pada posisi ini membutuhkan skill yang baik serta fisik yang kuat karena merupakan posisi yang sulit.

Penyerang Bertahan

Tugas utama dari penyerang bertahan yaitu untuk menekan barisan pertahanan lawan mengejar lawan yang sedang menggiring bola, dan melepas lawan dari bola.

Itulah beberapa posisi pemain dalam sepakbola. Selain harus menguasai formasi dalam sepakbola pemain juga harus memahami perannya masing-masing dalam sebuah tim. Diharapkan dengan para pemain mengerti dan memahami perannya masing-masing maka permainan sepakbola akan berjalan dengan baik.