Cara Menggunakan Rumus IF Excel Beserta Contohnya

Microsoft Excel adalah bagian dari Microsoft Office yang berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet. Microsoft Excel mempunyai berbagai fungsi untuk mengolah data-data yang isinya didominasi oleh angka. Salah satu hal yang membuat Microsoft Excel banyak digunakan adalah memiliki kelengkapan fitur Formulas dan Functions atau dikenal sebagai Rumus Excel dan Fungsi Excel. Rumus IF Excel sendiri adalah fungsi logika pada excel yang digunakan untuk membandingkan dua kondisi atau lebih, fungsi ini sangat sering digunakan dalam skenario untuk menyelesaikan berbagai perhitungan dalam Microsoft Excel.

 

Rumus IF atau fungsi IF merupakan salah satu rumus fungsi dalam Microsoft Excel yang termasuk dalam kategori atau kelompok logical. Rumus ini sering digunakan sebagai pengecek atau pembanding suatu kondisi atau syarat agar ketika syarat itu terpenuhi maka akan memilih sebuah nilai dan ketika syarat itu tidak terpenuhi maka akan memilih nilai yang lain.

 

Fungsi rumus IF akan menghasilkan suatu nilai tertentu dimana jika kondisi atau uji logika yang kita tentukan untuk di evaluasi memenuhi persyaratan maka akan menghasilkan nilai “TRUE”, sedangkan jika kondisi atau uji logika yang dilakukan tidak memenuhi persyaratan maka akan menghasilkan nila “FALSE”. Nilai TRUE merupakan sebuah nilai dari hasil uji logika yang memenuhi syarat dan nilai FALSE merupakan sebuah nila dari hasil uji logika yang tidak memenuhi syarat atau kebalikan dari nilai TRUE.

 

Untuk melakukan uji logika rumus IF ini biasa nya menggunakan Operator Perbandingan. Operator Perbandingan bertujuan untuk membandingkan dua buah nilai yang akan digunakan untuk menentukan apakah nilai tersebut memenuhi syarat atau tidak. Operator yang digunakan antara lain, = (Sama dengan), > (Lebih besar dari), < (Lebih kecil dari), <> (Tidak sama dengan), >= (Lebih besar atau sama dengan), dan <= (Lebih kecil atau sama dengan). Selain itu, ada beberapa Rumus Fungsi Excel yang dapat digunakan untuk membantu penghitungan logika seperti And, Or, dan Not. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat pada Operator Microsoft Excel.

 

Cara Menggunakan Rumus IF Excel

 

Fungsi Rumus IF dapat dilakukan menggunakan rumus berikut ini:

 

IF ( Tes Logika, [KondisiTerpenuhi], [Kondisi Tidak Terpenuhi] )

 

Penjelasan Rumus:

  • Tes logika, berisi ekspresi logika yang bisa di evaluasi ke dalam sebuah nilai TRUE atau FALSE dan juga merupakan kriteria acuan untuk menentukan sebuah nilai yang akan di hasilkan oleh rumus excel IF.
  • Kondisi terpenuhi, artinya (Opsional) dari nilai yang ingin kita hasilkan, jika tes logika mengevaluasi ke nilai TRUE dan merupakan sebuah nilai yang akan di hasilkan jika kondisi nya terpenuhi.
  • Kondisi tidak terpenuhi, artinya (Opsional) dari nilai yang ingin kita hasilkan, jika argumen tes logika mengevaluasi ke nilai FALSE dan merupakan sebuah nilai yang jika hasil tes logika nya tidak terpenuhi.

 

Contoh-contoh Rumus IF Excel

 

Penggunaan rumus IF atau fungsi IF pada Microsoft Exel ini bisa digunakan secara tunggal, ganda dan bertingkat. Maksud dari rumus IF ganda yakni kita dapat menggunakan fungsi IF bersarang atau memasukkan fungsi excel IF ke dalam sebuah rumus IF yang lainnya. Berikut ini beberapa contoh rumus IF yang ada di Microsoft Excel:

 

  1. Rumus IF Tunggal

Rumus IF tunggal digunakan untuk menentukan apakah suatu nilai tersebut memenuhi syarat atau tidak. Misalnya, jika ada sebuah nilai yang sudah di ketahui dan kita ingin nilai itu memenuhi syarat atau kondisi yang sudah kita tentukan, maka kita cukup menggunakan sebuah rumus excel IF untuk mengetahuinya. Rumus IF tunggal ialah:

IF (value_test;value_true;value_false)

Penjelasan Rumus:

  • Logical_test untuk kondisi atau syarat yang akan digunakan untuk menentukan apakah nilai tersebut memenuhi atau tidak memenuhi kondisi atau syarat.
  • Value_true untuk sebuah nilai yang akan dipilih ketika kondisi atau syarat terpenuhi atau benar (TRUE).
  • Value_false untuk sebuah nilai yang akan dipilih ketika kondisi atau syarat tidak terpenuhi atau salah (FALSE).

 

  1. Rumus IF Ganda

Rumus IF ganda merupakan sebuah rumus IF yang dapat digunakan untuk menguji sebuah nilai yang memerlukan banyak syarat atau tahap agar dapat menentukan apakah memenuhi syarat atau tidak. Fungsi IF ini bisa dimasukkan ke dalam fungsi IF yang lainnya. Penerapan rumus IF ganda ini maksimal hanya bisa digunakan sampai 64 cabang saja.

 

  1. Rumus IF Aritmatika

Rumus IF aritmatika memerlukan data atau nilai yang sudah diolah agar dapat ditentukan apakah nilai yang sudah diolah tersebut sudah memenuhi atau tidak, untuk melakukannya biasanya memerlukan 3 sampai 4 cell dimana:

  • cell 1 digunakan untuk nilai pertama
  • cell 2 digunakan untuk nilai kedua
  • cell 3 digunakan untuk menghitung antara cell 1 dengan cell 2
  • cell 4 digunakan IF untuk menentukan dari cell 3

 

  1. Rumus IF Kalimat

Tidak semua Rumus IF Excel harus membandingkan menggunkana angka. Rumus IF excel juga bisa digunakan untuk membandingkan huruf. Untuk menggunakan huruf pada Rumus Fungsi IF harus menggunakan tanda ”…” (kutip). Berikut ini adalah contoh rumus IF menggunakan kalimat:

IF (A1=”Bagus”;”Keren”;”Jelek”)

 

Demikianlah ulasan mengenai pengertian, cara menggunakan, serta contoh-contoh dari Rumus IF Excel. Untuk mempelajarinya  secara detail anda bisa melihatnya di rumus.co.id.