Tips Cerdik Agar Disegerakan Beribadah Haji di Tanah Suci

Setiap umat Islam pasti ingin naik haji. Akan tetapi, ada saja kendalanya. Dan kendala yang paling sering mereka hadapi adalah dana. Biaya haji tidaklah murah.

Sebenarnya, biaya untuk naik haji tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan harga mobil. Sayangnya, banyak orang yang mampu membeli mobil tapi tidak mampu untuk daftar haji.

Ada yang memang tidak mampu secara finansial. Untuk memenuhi kebutuhan setiap hari saja mereka harus bersusah payah. Untuk kategori seperti ini, wajar jika akhirnya tidak mampu daftar haji. Namun, yang paling banyak adalah mereka yang mampu membeli mobil tapi tidak mampu untuk daftar haji.

Bagi Anda yang merasa punya penghasilan cukup dan ingin segera naik haji, ada satu tips yang bisa Anda terapkan. Segera buka tabungan haji. Ini hal yang remeh tapi bisa membuat Anda lebih cepat naik haji.

Mengapa Harus Buka Tabungan Haji?

Apapun bisa lebih mudah dicapai jika Anda melakukan manajemen yang baik. Begitu juga ketika Anda ingin naik haji. Anda harus melakukan manajemen keuangan yang baik.

Mengatur keuangan itu sebenarnya mudah. Apalagi sekarang platformnya sudah disediakan. Anda harus bedakan rekening untuk haji dan untuk yang lainnya. Jika perlu buat rekening yang berbeda. Ada rekening untuk kebutuhan bulanan, rekening haji, rekening untuk keadaan emergency, dan juga rekening tabungan investasi. Semuanya harus di manage atau diatur dengan baik.

Ini terdengar sepele. Namun, imbasnya sangat luar biasa. Dengan memiliki tabungan haji, maka Anda akan lebih rajin untuk menabung. Tidak masalah berapapun uang yang Anda tabung di rekening tersebut. Walaupun Anda hanya bisa menabung Rp 100.000, itu tidak masalah.

Dengan memiliki tabungan haji, ada motivasi bagi Anda untuk menyisihkan uang untuk ditabungkan ke rekening tersebut. Dan ketika uang tersebut sudah masuk ke rekening haji, tidak ada hasrat untuk menggunakan uang tersebut untuk hal yang lain.

Berbeda jika uang Anda kumpulkan di satu rekening yang sama. Bisa dipastikan uang tersebut akan Anda gunakan untuk kebutuhan setiap hari.

Itulah mengapa Anda harus melakukan manajemen keuangan. Bukalah tabungan yang berbeda untuk keperluan masing-masing. Buka akun tabungan untuk kebutuhan setiap hari, untuk investasi jangka panjang, dan juga untuk tabungan haji.

Kelebihan dari Tabungan Haji

Sebenarnya, Anda bisa menabung haji dengan cara apapun. Misalnya Anda buka tabungan biasa. Atau Anda bisa juga menabung emas dengan tujuan emas tersebut Anda akan jual untuk membayar biaya haji.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dari tabungan haji ini. Dan kelebihan ini harus Anda jadikan pertimbangkan sebelum akhirnya menentukan pilihan.

  1. Tidak Ada Biaya Bulanan

Ketika Anda membuka tabungan untuk haji, Anda tidak akan dikenakan biaya bulanan. Jadi uang yang Anda tabung akan sama. Tidak adak pengurangan.

  1. Terhubung dengan SISKOHAT

Apa itu SISKOHAT? Ini singkatan dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu. Artinya, ketika tabungan Anda sudah mencapai angka yang ditentukan oleh Kemenag Haji, maka secara otomatis Anda akan langsung terdaftar.

Ketentuannya adalah 25 juta. Jadi, jika tabungan haji Anda sudah mencapai 25 juta, maka Anda sudah bisa daftar. Artinya, Anda sudah mendapatkan kursi naik haji.

  1. Uang Lebih Aman

Jelas lebih aman. Karena uang yang Anda tabung sudah dikoneksikan dengan SISKOHAT. Jadi, jika ada masalah dengan bank, uang Anda tetap aman karena uang Anda bukan tabungan biasa melainkan tabungan untuk haji.

Nah, Anda akan pilih yang mana? Tabungan biasa atau tabungan haji?

Menentukan Target Tabungan

Setelah memiliki tabungan haji, yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target. Kira-kira berapa lama waktu yang harus Anda butuhkan agar bisa menabung minimal untuk biaya daftar, yaitu 25 juta. Misalnya saja Anda targetkan waktu 1 tahun. Maka, per bulan Anda harus menabung setidaknya 2,1 juta.

Atau jika Anda memiliki target yang lebih lagi, Anda harus berusaha lebih keras. Contohnya saja Anda ingin haji Furoda sehingga Anda tidak perlu antri hingga belasan tahun, maka Anda harus mampu menabung untuk memenuhi biaya haji furoda 2021 2022.

Jadi, selain memiliki tabungan haji, Anda juga harus memiliki kebulatan tekad untuk menyisihkan uang agar bisa segera naik haji. Tabungan hanya sebagai alat untuk memudahkan Anda melakukan manajemen keuangan. Sementara itu, niat adalah pendorong agar Anda bisa fokus untuk mencapai tujuan, yaitu segera berangkat ke Baitullah.