Wajib Tahu, Begini Cara Budidaya Pisang Raja Nangka yang Berkualitas

Seperti yang diketahui bahwa pisang raja nangka merupakan salah satu jenis pisang yang digemari oleh banyak orang karena memiliki rasa yang lebih manis dan enak, serta tekstur daging buah yang pulen. Tidak hanya enak dimakan secara langsung, pisang satu ini juga dapat diolah menjadi jus ataupun selai. Maka tidak heran jika pisang dengan kulit berwarna hijau ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Tertarik untuk menanam pisang satu ini? Yuk simak caranya disini.

Pemilihan Bibit Unggul Tunas Pisang

Budidaya dengan hasil panen yang berkualitas dan melimpah, biasanya berasal dari varietas yang unggul. Cara yang mudah untuk mendapatkan bibit pisang yang unggul adalah dengan membeli di toko toko tanaman yang terpercaya. Namun jika sudah memiliki pohonnya, pilihlah anak pohon yang berasal dari tanaman induk yang sehat, berbuah banyak, dan memiliki buah yang cukup besar. Pilihlah anak pohon yang tingginya 1 hingga 1,5 meter dengan sistem pengakaran lebih dari 20 cm.

Penanaman Bibit Tanaman Pisang

Jika sudah mendapatkan bibit pisang raja nangka, maka ada baiknya segera ditanam. Proses penanaman dapat dengan cara memasukkan bagian dasar dari bibit ke dalam lubang yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, tutup sisa lubang dengan tanah yang ada di sekitar. kemudian berikan sedikit tekanan sebelum diuruk agar bibit pohon pisang dapat berdiri dengan tegak. Jika kondisi cuaca sedang buruk, maka dapat dipasangi penyangga dengan bambu.

Untuk bisa mendapatkan hasil panen yang berkualitas baik, maka tanaman tersebut harus mendapatkan nutrisi yang baik. ada baiknya menanam pohon tersebut pada saat menjelang musim hujan, agar kadar air dapat dikontrol sehingga tercukupi. Selain itu lubang yang telah digali sebelumnya, ada baiknya diberi pupuk kompos dengan takaran yang sesuai. Pemberian pupuk sangat penting karena berpengaruh pada rasa dan ukuran pisang.

Pemeliharaan Tanaman Pisang

Untuk mendapatkan hasil panen yang terbaik, maka tanaman pisang sebaiknya dijaga agar tidak terkena serangan hama dan berbagai halangan yang ada. Perlu diketahui bahwa pohon pisang tidak termasuk ke dalam tanaman yang rewel. Sehingga pohon pisang raja nangka dapat tumbuh dengan baik meskipun tanpa adanya pemeliharaan sama sekali, dengan catatan kebutuhan air dan nutrisi tercukupi.

Namun jika ingin mendapatkan hasil panen yang melimpah, maka ada baiknya jika pohon pisang dipelihara dan dirawat dengan baik. Pastikan tidak ada rumput yang tumbuh di sekitar pohon. Bersihkan rumput rumput tersebut selama kurang lebih 2 minggu sekali pada saat rumput di sekitar pohon pisang mulai tebal.

Demikian lah langkah langkah yang perlu dilakukan pada saat mulai budidaya pisang jenis raja nangka. Karena tanaman pisang termasuk ke dalam tanaman yang tidak sulit dipelihara dan dirawat, maka tidak memerlukan trik trik khusus. Hanya pastikan bahwa tanaman mendapatkan air dan nutrisi yang cukup, maka hasil panen yang didapatkan pun akan melimpah dan berkualitas.