Bapak Pramuka Indonesia

Sudahkah kamu mengetahui Bapak Pramuka Indonesia? sebagai anggota pramuka maka kamu harus mengetahui sejarah kepramukaan yang ada di Indonesia.

 

Artikel:

Sultan Hamengkubuwono IX dinobatkan sebagai Bapak Pramuka Indonesia di tahun 1988 yang dilakuka di Dili Timor Timur. Ketahuilah bahwa sejarahnya sejak 14 Agustus 1961 pramuka telah diresmikan di Jakarta, sejak itu Sultan HB IX dinobatkan sebagai ketua kwartir nasional yang pertama.

 

Sebagai bapak pramuka tentunya berperan banyak dalam dunia kepanduan di Indonesia, yuk kenali lebih detailnya di bawah ini.

 

Mengenal Lebih Dekat Bapak Pramuka Indonesia

  1. Raja Kesultanan Yogyakarta

Ketahuilah nama kecil bapak pramuka Indonesia Sultan HB IX yaitu Raden Mas Dorojatun lahir di Yogyakarta tanggal 12 April 1912. Sultan Hamengkubuwono IX adalah seorang raja kesultanan yang berperan adil untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

 

  1. Menempuh Pendidikan di Europee Legere School

Sultan Hamengkubowono IX menempuh pendidikan di Yogyakarta di Frobel School (Taman Kanak-kanak), Earste Europe Legere School Lalu kemudian Europese Legere School. Setelah itu, beliau juga melanjutkan pendidikan menengah atas di Hogere Burgerschool di Semarang kemudian melanjutkan di Bandung.

 

Sebelum lulus di Bandung kemudian Sultan Hamengkubowono IX melanjutkan study ke Belanda di Universitas Leiden dengan jurusan Ilmu Hukum Tata Negara.

 

  1. Peran Sultan Hamengkubowono dalam Dunia Kepramukaan

Ketahuilah dalam sejarah kepramukaan, Sultan HB IX memiliki peranan yang besar sebagai Wakil Ketua Majelis Pimpinan Nasional yang dipimpin oleh Presiden Ir. Soekaro. Selain itu, beliau juga terpilih menjadi Ketua Kwartir Nasional di tahun 1974.

 

  1. Mencantumkan Nama Pramuka

Pramuka juga dicetuskan oleh Sultan Hamengkubuwono IX yang terinspirasi oleh kata Poromuka yang mempunyai arti Pasukan Terdepan dalam Perang lalu diubah menjadi nama Praja Muda Karana yang berarti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

 

Di tahun 1960, kepanduan Sultan Hamengkubowono IX dikenal sebagai Pandu Agung sehingga diangkat sebagai wakil ketua Wapinas.

 

  1. Menerima Penghargaan Tertinggi

Di tahun 1973, Bapak Pramuka Indonesia Sultan Hamengkubowono IX menerima penghargaan tertinggi World Organization of the Scout Movement yang dikenal sebagai Organisas Kepanduan Internasional sehingga nama Pramuka Indonesia sudah terkenal seacra Internasional berkat Sultan Hemengkubuwana IX.

 

Itulah ulasan mengenal lebih dekat sosok Bapak Pramuka Indonesia, Sultan Hamengkubuwono IX.

Similar Posts