Cara Merawat Ikan Louhan Yang Masih Kecil Menurut Ahlinya

Ikan louhan menjadi primadona di kalangan penghobi. Mitos sebagai pembawa keberuntungan membuatnya semakin diburu. Harganya cukup mahal sehingga membeli ikan kecil adalah pilihan terbaik. Lalu, bagaimana cara merawat ikan louhan yang masih kecil?

Ikan louhan memiliki penampilan menawan. Jenong pada kepalanya membuat orang tertarik. Apalagi dipadukan dengan warna sisik dan mutiaranya. Penghobinya akan semakin tertarik untuk memilikinya.

Yang perlu diperhatikan ialah ikan louhan terbaik memiliki mental yang bagus. Membelinya pada usia dewasa cukup riskan. Khawatirnya, ikan tersebut tidak bisa menunjukkan kelebihannya sehingga uang yang Anda keluarkan akan sia-sia.

Menyadari kemungkinan tersebut, pilihan terbaik ialah membeli ikan yang masih kecil. Setidaknya, Anda bisa melatihnya sedari awal agar bermental baik. Kuncinya ialah melakukan perawatan dengan tepat.

Jenis Ikan Louhan

Ada banyak sekali jenis ikan louhan yang ada di sekitar Anda. Anda perlu menentukan mana yang dipandang sesuai. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Louhan Golden Base

Jenis ikan ini bisa Anda lihat penampakannya di 000z.me Ini merupakan website yang menjelaskan tentang berbagai macam ikan hias. Tidak terkecuali louhan.

Salah satunya ialah louhan golden base. Jenis ini ditawarkan cukup mahal. Harga ikan dewasa sekitar 2 juta rupiah.

Kelebihannya ada pada penampilannya. Warnanya merah dengan kombinasi kuning keemasan. Ini menjadi paduan warna yang mencolok dan menarik. Tidak salah jika ikan ini dihargai sampai jutaan rupiah.

  1. Louhan Super Red Texas

Jenis ini paling banyak dicari oleh penghobi. Kelebihan utamanya ada pada warna merah mencolok. Selain itu, bintik mutiaranya merata sampai ke ujung ekor. Sekilas, penampakannya mirip dengan buah strawberry. Dan harganya di kisaran 2,5 juta rupiah.

  1. Louhan Golden Red

Louhan jenis ini menjadi yang terbaik. Ciri khasnya ialah warnanya merah keemasan. Memiliki jenong besar dengan motif menarik pada tubuhnya.

Jenis ini dipandang sebagai yang termahal. Louhan biasa dari jenis ini sudah dihargai sekitar 3 juta rupiah. Apalagi jika penampilannya lebih menarik.

Louhan golden red ini sering memenangkan kontes. Jika sudah dilabeli seperti ini, harganya bisa menyentuh puluhan juta rupiah. Meskipun begitu, biaya besar bukanlah menjadi kendala di mata para penghobi.

Cara Memilih Ikan Louhan Yang Benar

Sebelum menerapkan cara merawat ikan louhan yang masih kecil, penting bagi Anda untuk memilih bibit ikan yang unggul. Jangan sembarangan membeli. Karena ini bisa membuat Anda menyesal di kemudian hari.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli ikan louhan. Pertimbangan pertama merujuk pada kualitas indukan. Indukan yang bagus secara tidak langsung akan menurunkan gen pada anaknya. Hasilnya, anakan juga akan memiliki sifat maupun penampilan seperti indukannya.

Cara yang kedua ialah fisik dan motifnya. Louhan yang berkualitas ditandai dengan fisiknya yang bulat dan tebal. Selain itu, louhan sudah memperlihatkan bintik pada tubuhnya. Meskipun bintik atau motifnya masih samar atau kecil.

Kemudian yang terakhir ialah agresifitas ikan. Louhan memang memiliki sifat agresif. Ini penting untuk dipahami.

Agresifnya ikan secara tidak langsung menandai kesehatannya. Ciri khasnya ialah sirip bagian belakang mekar. Kemudian bila diberi makan, ikan louhan akan mengikuti gerakan dari tangan  Anda.

Tips Merawat Ikan Louhan Kecil

Setelah mendapatkan bibit yang bagus, saatnya Anda mempraktikkan cara merawat ikan louhan yang masih kecil. Caranya ini didapatkan dari penghobi louhan berpengalaman. Dia adalah Hatta Gunawan.

Caranya ialah dengan menempatkan louhan di aquarium yang bersih. Louhan kecil ukuran 2 cm dipisah dengan yang lain menggunakan sekat. Ukurannya tidak terlalu besar.

Pada saat ini, ikan hanya perlu diberi makan dengan cacing beku atau cacing sutera. Pemberian pakan dilakukan 3 kali. Syaratnya, pakan ini harus habis sekali makan. Jadinya, berikan pakan sedikit demi sedikit agar tidak mengotori air.

Ketika panjang ikan mencapai 7 cm, Anda bisa merubah jenis pakannya. Pellet spirulina bisa diberikan. Tujuannya untuk mengejar pertumbuhan badan dan mutiaranya.

Setelah mutiaranya terbentuk secara sempurna, Anda bisa melatih ikan dengan pellet warna. Pakan ini diberikan sedikit saja. Dan pakan khusus untuk menunjang pertumbuhan diberikan kembali.

Ukuran ini sudah siap untuk dipindahkan ke aquarium lebih besar. Coba perhatikan kemampuannya. Jika tidak drop mentalnya, Anda tidak perlu memindahkannya.

Anda tinggal memberikan pakan secara teratur sampai dewasa. Anda tinggal memberikan pellet warna dan spirulina. Fungsinya untuk mencerahkan warna.

Anda juga bisa menyelipkan udang yang dipotong kepalanya sebagai pakan ikan. Jika sudah beranjak dewasa, Anda perlu memindahkannya ke area yang lebih luas. Itulah kurang lebih cara merawat ikan louhan yang masih kecil sampai dewasa.