Syarat Meja Kantor yang Baik

Ingin membuat tata letak kantor yang baik, penggunaan pilihan furnitur adalah hal yang tepat. Namun, pastikan anda tidak salah dalam pemilihan tatanan layout kantor yang dapat menunjang produktivitas Anda dan karyawan.

Tatanan ruang kantor yang baik biasanya disesuaikan dari segala jenis pilihan furnitur dan lain sebagainya. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak dapat disesuaikan. Ada beberapa persyaratan yang menunjang pilihan sebuah meja di sebuah kantor.

Tentang mejanya yang harus seperti apa, mejanya ukuran dan tinggi berapa, serta meja juga harus disesuaikan dengan kursinya yang akan digunakan. Pemilihan yang tepat akan menunjang kenyamanan dalam bekerja.

Permukaan Standar

Pixabay.com

Dalam artian kali ini, maksud dari tatanan meja yang pas adalah dan standar adalah tidak mengkilap. Mungkin seringkali dijumpai tatanan meja yang mengkilap pada ruangan tertentu. Akan tetapi, untuk kantor meja yang ideal bukanlah yang mengkilap.

Meja yang mengkilap akan memberikan kesan silau. Terlebih saat anda sedang bekerja dan fokus di depan layar laptop. Tentu saja hal ini akan menjadikan fokus anda teralihkan. Dengan penggunaan meja yang tidak tepat maka anda tidak bisa konsentrasi.

Meja yang mengkilap memang tidak pas untuk kantor. Jadi, pilihlah meja yang standard saja. Biasanya meja yang standar akan menimbulkan kesan elegan, sederhana, profesional tetapi berdaya guna tinggi.

Luas Penampang yang Standar

Memilih meja dengan tampilan yang mengkilat mungkin akan berkesan mewah. Tapi ternyata, setelah kita baca di atas rupanya sangat tidak pas untuk pilihan tersebut. Penggunaan meja dengan tampilan yang mengkilat justru akan lebih mengganggu.

Oleh karena itu, selain tampilan mejanya kami juga harus perhatikan ukurannya. Pastikan ukuran meja yang akan digunakan ukuran sedang saja. Maksudnya adalah ukuran yang umum dijumpai pada meja-meja kantoran.

Juga anda harus menyesuaikan untuk kantor apa dulu. Jika untuk meja kantor guru maka tidak  memakai ukuran yang terlalu panjang. Cukup dengan 100 x 50 cm saja sudah cukup. Bukan hanya itu saja, ketinggian mejanya juga harus diperhatikan.

Usahakan ketinggian meja paling tidak sejajar dengan posisi perut pegawai pada saat sedang duduk. Dengan demikian, penggunaan alat elektronik baik laptop atau komputer maupun sedang menulis akan sangat mudah.

Pilih Meja dengan Tatanan Ruang Bagian Bawah Terbuka

Memilih tatanan meja dengan bagian bawah terbuka akan semakin memudahkan anda meraih udara bebas. Terkadang dengan pemilihan meja yang tidak terbuka di bagian bawahnya justru akan membuat kaki kita merasa pengap.

Oleh karenanya dengan mode pemilihan meja di bagian bawah yang terbuka, maka lalu lintas udara bebas jadi lebih mudah. Selain itu, kita dapat tahu bahwa penggunaan meja tersebut juga semakin nyaman.

Kaki kita meski tertutup oleh bahan pakaian yang panjang sering kali butuh lebih leluasa untuk selonjor dan sebagainya. Apabila kaki kita bisa selonjor dan bebas, maka bisa dengan mudah melemaskan otot-otot kaki yang posisi meja bagian bawahnya tidak terbatas.

Pastikan Tersedia Penampang di Bagian Bawah Meja

Penampang berbentuk horizontal di bagian bawah meja akan memudahkan anda dalam menaruh kaki. Pada saat bekerja di kantor sering kali kita membutuhkan rasa nyaman dan rileks. Sehingga apabila tidak tersedia penampang maka akan sulit merilekskan kaki.

Oleh karena itu, pemilihan meja dengan penampang horizontal di bawahnya adalah hal yang penting. Bagi anda yang ingin menikmati rasa nyaman pantas menggunakan penampang di bagian meja kerja layaknya meja kantor.

Penggunaan penampang ini banyak sekali modelnya. Ada yang disesuaikan dengan posisi kaki pekerja di mana membentuk agak diagonal, ada pula yang posisinya lurus. Tingkat kenyamanan setiap pekerja berbeda-beda sesuai bentuk penampang mejanya.

Tersedia Laci

Meja yang ideal biasanya memanfaatkan penggunaan laci. Laci kantor berbeda dengan laci meja kelas. Jika laci meja ruang kelas hanya berbentuk seperti loker terbuka, laci meja kantor berbentuk seperti brankas yang menyatu dengan meja.

Kita bisa memanfaatkan penggunaannya dengan cara mengunci laci agar aman. Biasanya laci meja kantor berguna untuk menyimpan barang-barang yang sering dijumpai tetapi jika ditaruh di tempat lain mudah terlupakan.

Di antara beberapa benda tersebut adalah stempel, buku kwitansi, stepless, pensil, pulpen, paper Clip dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, beberapa penggunaan laci juga digunakan untuk menyimpan data penting.

Seperti halnya sertifikat, berkas beramal, dan lain sebagainya. Sehingga penggunaan laci pada meja kantor memang sangat penting sekali digunakan. Oleh sebab itu, pilihlah meja kantor yang tepat dan berdaya guna penting.

Memilih penggunaan meja yang awet

Pixabay.com

Tingkat keawetan sebuah meja memang tidak dapat diprediksi. Hal ini karena bergantung pada penggunaan di masing-masing tempat sekaligus bagaimana kondisi suatu tempat. Jika anda memilih penggunaan meja kayu, biasanya rentan terhadap rayap.

Namun, serangan rayap ini tidak pasti dalam jangka waktu yang dekat. Bisa dikatakan dalam waktu 3 atau 4 tahun saja rayap sudah mulai menggerogoti meja kantor anda. Biasanya penggunaan meja kantor kayu jati jauh lebih awet dibandingkan kayu lainnya.

Selain memilih meja kantor yang baik, perusahaan yang ingin mendirikan kantor juga harus memperhatikan desain partisi atau sekat antar ruangan. Untuk desain partisi yang modern dan minimalis bisa kamu pesan secara custom sesuai keinginan di pirekiasia.co.id.